Lingkar Alun-Alun Menjadi Kawasan Car Free Day


[ 03/02/2013, 22:44 WIB ]

Suasana berbeda tampak di Alun-alun Pacitan, Minggu (3/2/2013) pagi. Arus lalu lintas di lingkar pusat kota yang biasanya padat mendadak lengang.


Tak satupun kendaraan bermotor melintas. Ruas-ruas protokol seperti Jl. Imam Bonjol, Suprapto, Diponegoro dan Ahmad Yani justru dipenuhi pejalan kaki.

Hari ini secara resmi diluncurkan program car free day. Wakil Bupati Pacitan Prayitno saat peluncuran hari bebas kendaraan bermotor itu mengatakan, kegiatan ini akan efektif berlaku setiap hari minggu pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB. ''Semoga kegiatan ini dapat berlangsung terus, sehingga kedepan lingkar alun-alun menjadi sarana rekreasi dan olah raga keluarga'', ungkapnya.

Tentu saja, pemberlakuan zona bebas asap kendaraan bermesin di lingkar alun-alun memaksa petugas mengalihkan jalur lalu-lintas. Ini terutama difokuskan pada kendaraan yang hendak melintas menuju Jl. Ahmad Yani yang merupakan jalan poros kota.

Kendaraan bermotor dari arah timur (Jl. Jenderal Sudirman) sesampainya di ruas depan SMP 2 diarahkan ke kanan melalui Jl. Kartini, Veteran, Wahidin Sudirohusodo dan berakhir di Samanhudi, tembus Jl. A. Yani (barat Mapolres). Demikian pula untuk kendaraan dari arah berlawanan.

Ketua Forum Pacitan Sehat, Ahmad Munib Siradj mengatakan, peluncuran Car Free Day bukan semata mengurangi polusi.  Program rutin Minggu pagi ini diharapkan memberi ruang seluas mungkin kepada masyarakat melaksanakan aktivitas pagi tanpa terganggu gas buang.

Tidak itu saja, aktivitas warga yang terfokus di alun-alun diharapkan membangkitkan geliat ekonomi masyarakat. Selain itu, warga dari beragam elemen pun dapat menunjukkan kreativitas mereka masing-masing. (Pur/Riz)

Sumber: http://www.pacitankab.go.id/berita/berita.php?id=1013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.