Pertanian Terbesar, Perdagangan Masih Jalan di Tempat


[ 06/02/2013, 10:22 WIB ]

Dalam kurun waktu 2010-2011 sektor pertanian masih menjadi pemegang peran penting dalam perkembangan laju perekonomian di Pacitan. Meski sempat mengalami penurunan dalam periode tersebut, namun sektor agraris itu menjadi kunci utama penopang laju perekonomian.


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan Djudjuk Widhilaksana mengatakan, tahun 2011 donasi sektor pertanian mencapai 37 persen. Sedangkan petumbuhan terbanyak kedua ada pada sektor jasa pemerintahan dan swasta. Sektor perdagangan hotel dan restoran menjadi yang paling jalan ditempat. Berada di urutan ke tiga potensi tersebut menyumbang 13 persen. Atau sebesar Rp.468 milyar.

Meski menjadi sektor paling utama untuk perekonomian namun bidang pertanian ini tandas Djudjuk Widhilaksana akan sulit dipacu. Pasalnya, lahan pertanian semakin tahun semakin berkurang sementara minat kaum muda bergerak di bidang agraris juga semakin menipis.

Sesuai perkiraan BPS, tahun 2012-2013 sumbangan paling menonjol terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah jasa konstruksi. Yakni 18 persen dari total PDRB sebesar Rp.3triliun. Ada beberapa penyebab yang mendasari melejitnya share jasa konstruksi terhadap PDRB. Di antaranya, masuknya beberapa proyek berskala nasional seperti, PLTU, JLS serta pekerjaan fisik lain. (Riz)

Sumber: http://www.pacitankab.go.id/berita/berita.php?id=1014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.